Mungkinkah Indonesia bangkit pada tahun 2020?

Kamis, 18 Februari 2010

Nilai Mata Kuliah Inovasi Pendidikan PGSD Dual Mode

REKAPITULASI NILAI AKHIR MATA KULIAH INOVASI PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PGSD DUAL MODES -KELAS IPA A




REKAPITULASI NILAI AKHIR MATA KULIAH INOVASI PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PGSD DUAL MODES -KELAS IPA B




Catatan:Rekapitulasi ini berdasarkan pada UTS dan UAS yang diterima di pesan facebook dan email. Bagi Mahasiswa yang nilainya BL (belum lulus) mohon segera melengkapai UTS/UAS yang belum diterima oleh dosen. Silahkan kirimkan kembali filenya ke email: cepitriatna@yahoo.com
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terima kasih.

Selasa, 16 Februari 2010

Bahan Kuliah Pengelolaan Pendidikan, 16 Februari 2010

KERANGKA PEMAHAMAN MANAJEMEN SEKOLAH BAGI CALON-CALON GURU
Manajemen sekolah dapat dikategorikan menjadi dua tingkatan, yaitu manajemen di tingkat sekolah dan manajemen di tingkat kelas. Manajemen sekolah dalah segala upaya untuk merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan, mengevaluasi dan mengendalikan sumber daya sekolah untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Manajemen kelas adalah segala upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatur dan mendayagunakan segala sumber daya kelas untuk mencapai tujuan kelas secara efektif dan efisien.
Ukuran keberhasilan manajemen dijabarkan dalam dua kata, yaitu “efektif” dan “efisien.” Efektif memiliki arti sesuatu yang mengarah pada hasil yang berdaya guna atau mencapai hasil yang diharapkan/ditargetkan. Efisien mengandung arti manajemen mampu menghasilkan sesuatu yang tepat sasaran dilihat dari perbandingan sumber daya yang dicurahkan dengan hasil yang didapatkan.
Penguasaan manajemen sekolah dan manajemen kelas mengharuskan kita memahami terlebih dahulu apa tujuan yang harus dicapai, baik pada level sekolah maupun pada level kelas. Tujuan sekolah merupakan tujuan dari kelas-kelas. Tujuan sekolah adalah arah, haluan, maksud, atau tuntutan yang harus dipenuhi oleh pengelola sekolah. Tujuan kelas adalah tujuan kurikuler atau dikenal dengan tujuan pembelajaran.
Untuk memahami lebih jauh mengenai kerangka manajemen ini, silahkan simak gambar 1. di bawah ini.



Sumber: http://www.business.pitt.edu/katz/mba/academics/i/transformation.jpg




Sumber: http://www.selu.edu/acad_research/colleges/edu_hd/images/ConceptualFramework1.jpg


Gambar 1 Kerangka sistem manajemen sekolah

Berdasarkan kerangka di atas dapat dipahami bahwa mahasiswa Jurusan Pendidikan seni Musik sebagai calon guru pendidikan seni harus mengeathui terlebih dahulu apa sebenarnya tujuan yang harus dicapai melalui proses pendidikan seni baik pada level SD, SMP, SMA, maupun SMK. Untuk itu silahkah masing-masing dari Anda mengkaji secara kelompok mengenai standak kompetensi lulusan (SKL) untuk mata pelajaran pendidikan seni, baik di SD, SMP maupun SMA.

Pengalaman belajar yang harus dilalui Mahasiswa:
1. Buatlah kelompok antara 3 atau 4 orang !
2. Carilah tujuan mata pelajaran pendidikan seni pada salah satu jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA, atau SMK)! Untuk memudahkan mendapatkan informasi mengenai tujuan mata pelajaran pendidikan seni dapat dilakukan dengan cara (1) mewawancara guru seni atau (2) searching di internet.
3. Kemudian pamahi dan diskusikan dalam kelompok, apakah kelompok sepaham dengan temuan (wawancara atau dokumen dari internet). Uraikanlah alas an yang mendasari kesetujuan dan ketidaksetujuan anda terhadap temuan anda.
4. Jika sudah selesai, silahkan dikirimkan pesannya ke facebook. Ingat, ini dikerjakan secara berkelompok.

Selamat belajar!!!

Jumat, 05 Februari 2010

Deskripsi Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan

Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah pengelolaan pendidikan merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa kependidikan UPI (calon pendidik dan tenaga kependidikan). Mata kuliah ini memberikan dasar pemikiran dan langkah-langkah (prosedur) operasional dalam mengelola pendidikan, khususnya satuan pendidikan (sekolah).

Tujuan Perkuliahan:
Memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki pemahaman yang mendalam mengenai konsep dasar, fungsi dan peranan, proses dan prosedur, serta bidang-bidang garapan pengelolaan pendidikan di tingkat mikro (persekolahan), messo (kabupaten/kota), dan makro (nasional).

Dosen Pengampu:
Cepi Triatna, S.Pd., M.Pd.

Materi:
1. Wawasan Dasar Administrasi Pendidikan
2. Pengelolaan Satuan Unit Pendidikan
3. Pengelolaan Kelas
4. Pengelolaan Kurikulum
5. Pengelolaan Peserta Didik
6. Pengelolaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
7. Pengelolaan Sarana dan Prasarana
8. Pengelolaan Keuangan Pendidikan
9. Pengelolaan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
10. Kepemimpinan Pendidikan
11. Supervisi Pendidikan
12. Sistem Informasi Pendidikan dan Ketatausahaan
13. Pengawasan dan Penilaian Satuan Pendidikan
14. Masalah Kontemporer Manajemen Pendidikan Nasional